Kamis, 14 Maret 2013

Strategi Untuk Memenangkan Persaingan PDF Print E-mail
Written by pranadita riksa   
Thursday, 17 January 2013 18:00
Article Index
Strategi Untuk Memenangkan Persaingan
Page 2
All Pages
Semakin hari penduduk dunia bertambah jumlahnya.Ini dikarenakan angka kelahiran lebih besar daripada angka kematian.Tentunya fenomena ini menjadi sesuatu yang harus dipikirkan karena sumber daya yang dimiliki di dunia sangat terbatas jika manusia tidak kreatif dalam pengelolaannya.
Sebenarnya hal ini memiliki 2 sisi yaitu sisi positif dan negatif dan mungkin akan ada tanggapan yang lain mengenai kejadian ini. Menurut penulis, sisi positifnya adalah semakin besarnya peluang munculnya orang-orang yang kreatif di dunia yang dapat membawa dunia ke arah yang lebih baik. Sisi negatifnya, akan memunculkan persaingan yang lebih kompetitif. Kenapa persaingan kami anggap sebagai sisi negatif? Jika sebuah persaingan dilakukan atau dijalani dengan cara-cara yang tidak merugikan dirinya sendiri dan lingkungannya tentu tidak akan menjadi masalah tetapi penulis melihat persaingan yang ada di zaman sekarang banyak dilakukan dengan cara yang tidak sesuai dan bahkan merugikan lingkungan sekitar. Oleh karena itulah, penulis mencoba membuat makalah singkat mengenai persaingan terutama di dalam ruang lingkup usaha atau bisnis.
Persaingan, mungkin kata ini sudah sangat familiar ditelinga para pebisnis yang ada diseluruh penjuru dunia ini, entah itu bagi pebisnis yang notabene baru memulai usaha dan itu pun dalam skala yang masih relative dibilang kecil, ataupun pebisnis yang telah mencapai tingkat kemapanan dan telah lama berkecimpung didalam dunia bisnis sehingga teah banyak mengenyam asam garam sebagai pebisnis yang sukses. Di dalam sebuah persaingan, pasti ada gesekan-gesekan antar individu ataupun perusahaan tentunya bertujuan untuk memenangkan market share dari produk yang dipasarkan oleh perusahaan.Untuk mencapai hal tersebut tidak jarang seperti yang sudah dikatakan di paragraf sebelumnya beberapa perusahaan menggunakan jalan pintas yang tidak benar seperti yang kita lihat di dunia politik. Untuk itulah makalah ini dibuat dan secara umum banyak hal yang  bisa dilakukan tetapi penulis mencoba merangkum menjadi 3 bagian utama diantaranya :
BE THE FIRST
Banyak orang yang bilang ketika kita ingin memulai sebuah usaha atau bisnis kita harus mempertimbangkan produk yang ingin dijual, apakah produk tersebut akan diterima di pasar. Dan mungkin ini juga akan menjadi pertanyaan dasar ketika ingin memulai usaha atau bisnis. Kita pun harus menentukan apakah perusahaan atau usaha yang didirikan ingin membuat pasar atau mengikuti pasar.Membuat pasar berarti perusahaan yang didirikan harus menciptakan sebuah produk yang belum ada dan produk ini sekiranya memiliki nilai guna atau value bagi pasar. Dan jika mengikuti pasar berarti produk yang dbuat oleh perusahaan sebenarnya sudah ada tetapi hanya menambahkan spesifikasi yang lain dan tentunya lebih unggul dari produk yang sudah ada. Perusahaan yang menciptakan pasar bisa dinamakan pionir di bisnis tersebut.
Berdasarkan yang dipaparkan di paragraf di atas, orang atau perusahaan yang menciptakan pasar berarti first mover atau perusahaan pertama yang terjun di dalam bisnis tersebut.Itulah salah satu strategi untuk memenangkan persaingan di dalam bisnis yaitu dengan menjadi orang pertama yang terjun ke dalam bisnis dimana belum ada orang yang menjamah bidang tersebut.
Orang yang pertama dalam menjalankan suatu bisnis akan memberikan Anda peluang kesuksesan lebih besar dibanding menjadi seorang follower.Menjadi yang pertama membuat Anda dikenal lebih awal dan dianggap sebagai pelopor bisnis Anda. Sebuah kategori produk/jasa yang benar-benar baru menjadikan Anda pemain tunggal di kategori tersebut dan tidak perlu berkompetisi dengan pebisnis yang lain. Jika memang ada nilai guna atau value yang dimunculkan sedikit saja di awal dengan syarat value produk tersebut melebihi produk yang memiliki kemungkinan menjadi produk substitusi, itu akan membuat produk dari perusahaan cepat dikenal dan bahkan akan menguasai pasar hingga lebih dari 50%.
Pasar hanya perlu diedukasi tentang manfaat dan fitur produk/jasa yang Anda tawarkan jika produk tersebut memang memberikan solusi bagi konsumen.Setelah itu, tinggal menunggu waktu untuk melihat bisnis Anda menggelinding seperti bola salju meraih kesuksesan tentunya dengan meningkatkan lagi nilai guna atau value dari produk tersebut.
Contoh kasusnya adalah dari Honda.Apakah masih ingat ketika Honda ragu-ragu (akan penerimaan pasar) untuk mengeluarkan produk skuter matik? Yamaha lah akhirnya yang memenangkan persaingan dan mendapat keuntungan besar, karena berani berspekulasi menjadi yang pertama mengeluarkan produk skutiknya. Dan Honda pun akhirnya harus membayar mahal ‘keragu-raguannya’, dengan image baru bahwa motor skutik adalah Yamaha.
Persaingan ini berawal ketika di tahun 2006 pasar mulai jenuh dengan produk sepeda motor yang seperti itu saja. Kemudian Yamaha mencoba merancang desain dari skuter matik.Ini dibuat tentunya dengan beberapa alasan salah satunya adalah kemacetan.Mobil dengan system automatic bisa laku di pasar tetapi kenapa motor tidak. Sebelumnya pun sudah ada sebenarnya produk skuter matik dari Cina dengan nama kymco tetapi kurang laku di pasar karena kualitas yang buruk. Untuk itu Yamaha merancang dan membuat konsep skuter matik hingga pemasarannya seperti apa salah satunya dengan memberikan edukasi dan test drive mengenai motor skuter matic.
Ketika Yamaha Mio diluncurkan ini menjadi fenomena. Honda yang pada awalnya menguasai pasar sepeda motor hingga 50% dengan munculnya Yamaha Mio market share di lini produk tersebut menjadi berubah. Yamaha hampir menyamai marketi share Honda dari keseluruhan pasar sepeda motor kemudian diikuti dengan Suzuki di peringkat ketiga. Hingga sekarang di Indonesia Honda dan Yamaha bersaing menjadi yang terbaik tetapi di lini produk motor matik Yamaha masih sangat menguasai.
Contoh kasus di atas merupakan salah satu contoh menjadi yang pertama di dalam sebuah pasar atau permintaan.Yamaha tetap dengan sepeda motornya tetapi dengan system matik dan perbaikan kualitas dapat menguasai pasar di lini produk tersebut.

BE THE DIFFERENT
Setelah kita mengetahui bagaimana ketuntungan menjadi yang pertama dalam memenangkan suatu persaingan bisnis. Kini kita akan menguak rahasia kedua bagaimana cara untuk memenangkan suatu persaingan bisnis, yakni menciptakan suatu perbedaan dari produk barang atau jasa yang sudah eksis saat ini. Memang bisa dikatakan menjadi yang pertama itu sangat sulit, butuh suatu tingkat kreativitas yang tinggi dan daya imajinasi yang cukup jauh untuk bisa menciptakan produk barang atau jasa yang memang belum pernah ada sebelumnya, kita bisa melakukan suatu improvement dengan menciptakan perbedaan dari suatu produk barang atau jasa tersebut.Diferensiasi produk ini pun bisa dilakukan dengan caramenciptakan produk yang berbeda, memberikan pelayanan yang berbeda, atau menciptakan image produk yang unik dan berbeda dari pesaing lainnya. Dengan begitu sebuah produk akan lebih mudah dikenali dan memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka lebih memilih produk Anda, dibandingkan produk lainnya yang ada di pasaran.
Adapun keuntungan keuntungan yang dapat kita rengkuh dari penerapan melakukan diferensiasi produk yang pertama adalah produk kita akan lebih mudah diingat para konsumen. Hal ini jelas terjadi karena produk barang atau jasa yang kita tawarkan memiliki keunikan tersendiri bagi para konsumen, sehingga tanpa disadari oleh konsumen barang atau jasa yang ditawarkan oleh kita telah ternanam dibenak para konsumen tesebut. Apabila konsumen sudah mengingat produk kita, bukan hal yang mustahil konsumen akan menjadi royal terhadap produk yang kita tawarkan. Yang kedua dari keuntungan diferensiasi produk yakni produk kita akan dianggap lebih unggul dari para pesaing, jelas hal ini terjadi karena kita melakukan suatu perbedaan dari produk yang sudah eksisting lainnya. Dibenak konsumen pun akan tertanam bahwa produk A yang notabene lebih ‘unik’ dan dapat menciptakan suatu suasana atau pengalaman yang berbeda akan lebih dianggap unggul ketibang produk B yang mengeluarkan produknya yang tak ubahnya sudah dikeluarkan oleh produk C,D ataupun E. Selanjutnya keuntungan yang didapat dari diferensiasi produk ini adalah harga jual produk kita yang lebih tinggi, jelas hal ini dapat dilakukan karena kita melakukan suatu improvement yang berbeda dari produk yang dikeluarkan pesaing lainnya, hal ini disebabkan oleh perasaan konsumen yang baru dan berbeda ketika memakai produk kita ketibang produk pesaing, jadi konsumen pun tak akan terlalu bermasalah apabila produk kita memposisikan diri lebih mahal ketibang produk pesaing yang sajenis. Yang selanjutnya adalah kita dapat mengatasi masalah kejenuhan pasar, jelas pasar akan menjadi jenuh dan bosan apabila terus menerus disuguhkan produk yang monoton dan sama dengan produk produk pesaing lainnya, jadi dengan adanya perbedaan dari produk pesaing lainnya yang sudah ada, konsumen pun akan merasa mendapatkan hal yang baru dan rasa kejenuhan terhadap produk yang eksisting sebelumnya akan menjadi dapat terpecahkan. Yang terakhir adalah produk kita akan terbantu untuk terciptanya image produk yang ada dibenak konsumen. Karena perbedaan yang kita lakukan tersebut, image produk kita dibenak konsumen akan menempel dengan erat karena perbedaannya dari yang lain tersebut dan itu jelas suatu keuntungan real yang akan kita dapatkan apabila kita melakukan improvement berupa melakukan perbedaan produk ketibang produk pesaing lainnya.
Bisa kita ambil contoh restaurant Blind. Memang makanan di restaurant ini sudah sangat lumrah sekali ditemukan di restaurant restaurant di Indonesia, jadi memang kalo soal menu makanan tidak ada yang ‘aneh’ yang membuat mereka berbeda dengan restaurant yang lainnya, namun restaurant ini melakukan sesuatu improvement pelayanan jasa dari restaurant ini yang membuat mereka berbeda dari para pesaingnya yakni mereka menciptakan suatu suasana yang berbeda dari restaurant restaurant yang sudah ada sebelumnya. Mereka membuat restaurant mereka dengan keadaan yang gelap gulita, tanpa adanya penerangan sedikitpun. Bahkan sebelum masuk ke tempat makan para konsumennya, pelayanan dari restaurant Blind ini ‘menyidak’ segalam macam barang barang dari konsumen yang sekiranya dapat menimbulkan suatu cahaya dan meyebabkan restaurant ini tidak sepenuhnya gelap gulita lagi. Saat makan pun konsumen benar benar disuguhkan spot yang benar benar gelap gulita yang membuat pengalaman baru dari para konsumennya dengan menciptakan suasana yang gelap gulita tersebut.Dengan adanya improvement dari pelayanan jasa yang dilakukan restaurant Blind ini dengan menciptakan suatu keadaan restaurant yang benar benar gelap gulita, konsumen benar benar diberikan suatu pengalaman yang sangat unik dan berbeda dari restaurant lainnya yang menyebabkan mereka menginginkan sensasi ‘makangelap-gelapan’ lagi Yang hanya akan dirasakan di restaurant Blind ini. Jelas, dengan melakukan suatu perbedaan ini sangat terbukti ampuh menarik para konsumen dan memenangkan persaingan ( dalam hal ini memenangkan persaingan diranah kuliner ), padahal menu makanan yang mereka tawarkan sudah sangat lumrah sekali ditemukan direstaurant lainnya, namun mereka melakukan perbedaan dipelayanan jasanya. Jadi, apabila tidak bisa menjadi yang pertama dan membuka cabang usaha baru, laukanlah suatu perbedaan dari produk barang atau jasa yang sudah ada.

BE THE BEST
Setelah kita menguak habis akan bagaimana cara kita untuk memenangkan persaingan dengan cara melakukan suatu diferensiasi produk dan juga menjadi yang pertama dalam penciptaan produk baru, selanjutnya kita akan membahas mengenai ‘jadilah yang terbaik’. Apabila kita tidak bisa menjadi yang pertama melaunching produk ataupun melakukan perbedaan produk dari para pesaing  kita, lakukanlah atau jadilah yang terbaik dari line bisnis yang kita pilih. Jelas apabila kita menjadi yang terbaik kita akan dapat menguasai pasar yang akan kita tuju.
Cara termudah agar kita menjadi salah satu perusahaan dengan produk terbaik adalah mencari salah satu  faktor yang bisa kita jadikan kelebihan kita yang ada pada produk kita. Kita maksimalkan kelebihan apa sih yang akan ditonjolkan oleh produk kita. Jangan melulu berfokus kepada kelemahan kelemahan yang ada pada produk kita. Karena apabila kita dapat memaksimalkan suatu kelebihan yang produk kita miliki, bukan tidak mungkin para pesaing akan tergopoh gopoh untuk bersaing dengan produk kita. Selain itu hal yang terfokus itu sangat baik sekali dan akan menghasilkan output yang sangat besar pula. Memang baik apabila kita menambal kekurangan kekurangan dari produk kita, namun itu dapat menjadi bumerang pula pada kita, karena kita akan direpotkan oleh urusan intern perusahaan, sementara diluar sana para pesaing sudah melaju jauh bak roket meninggalkan kita yang notabene masih stuck pada produk lama kita yang selalu kita tambal kekurangannya. Kita pun harus ingat tak ada gading yang tak retak, jadi tidak akan pernah ada produk yang sempurna, jadi maksimalkanlah kelebihan yang ingin kita tonjolkan untuk produk kita. Apabila kita ingin memaksimalkan pelayanan jasa dari produk kita dengan melakukan delivery service tercepat yang pernah ada, ya lakukanlah. Karena dengan menjadi yang terbaik dibidang delivery service bukan tidak mungkin target pasar yang awalnya memilih produk pesaing menjadi berpaling kepada produk kita dan produk kita bisa menjadi top of mind di benak pelanggan dan dapat menciptakan keuntungan bagi perusahaan.. Selain itu, terus lakukanlah improvement improvement yang dapat meningkatkan mutu dan nilai tambah dari kelebihan yang ingin kita tonjolkan tersebut. Karena improvement adalah senjata perang kita untuk menjadi yang terbaik diantara para pesaing yang notabene akan selalu ada dan jumlahnya akan terus bertambah yang selalu akan menghantui bisnis ataupun perusahaan yang kita bangun.
Contoh produk yang terbaik adalah Coca cola. Coca cola memang telah lama melintang diindustri minuman didunia ini. Hal ini disebabkan selain karena coca cola ini bagian dari sejarah Amerika, cara pendistribusian produk mereka pun sangat baik, padahal produk mereka ini sudah tersebar diseluruh pelosok dunia, tapi mereka bisa memanage itu semua sehingga mereka dapat menjadi produk yang terbaik bukan hanya di Amerika tetapi pula didunia.





        

6 komentar :